Sabtu, 21 Mei 2011

Berkarya, Berkreasi, Berinovasi Demi Sebuah Kemandirian Nasional

        Berkarya, berkreasi, berinovasi adalah sebuah karunia ilahi yang patut kita stukuri ,yang patut kita banggakan, dan patut kita manfaatkan.

Itu Patut Kita Syukuri

Berkarya, berkreasi,berinovasi patut, harus, dan wajib kita syukuri karena ini adalah nikmat yang telah tuhan berikan kepada kita, dan sudah sepantasnya kita mensyukuri nikmatnya ini dengan membalas nikmatnya dengan karya-karya yang membanggakan yang lahir dari proses berinovasi itu sendiri. Tidak usah takut, tidak usah ragu, tidak usah malu untuk mengeluarkan ide-ide kita, karena karya yang besar itu dimulai dari sebuah karya yang kecil.

Itu Patut Kita Banggakan

Sebagai manusia yang mempunya status makhluk paling sempurna diantara ciptaan yang lainnya ,yang diberi segala kesempurnaan, keistimewaan, dan kedahsyatan dalam berpikir secara dinamis, berimajinasi secara dramatis, dan kita juga mampu berinovasi secara fantastis yang itu semua bisa kita banggakan karena dapat kata gunakan untuk menghasilkan karya-karya yang bombastis, karya-karya yang bisa membuat diri kita dan semua orang disekeliling kita menjadi bangga ,dan tentu sudah pasti untuk bisa membuat karya yang bisa membuat negeri ini mandiri menuju kamandirian nasional.

Itu Patut Kita Manfaatkan

Kita manfaatkan kelebihan kita, kemampuan kita, keistimewaan kita dalam berinovasi untuk menciptakan sebuah karya, sebuah kreasi, sebuah prestasi yang bisa kita banggakan ,yang bisa membuat Indonesia tersenyum bahagia karena mempunyai bibit-bibit andalan yang akan menjadi amunisi Indonesia untuk berbicara lebih jauh dikancah Internasional.


                Tanpa kita sadari ,banyak ide-ide yang melintas dibenak kita setiap harinya, yang apabila ide-ide itu kita kembangkan akan menjadi sebuah inovasi yang akan membawa Indonesia menuju kemandirian nasional .Banyak anak bangsa dengan jutaan inovasinya setiap harinya yang bisa mereka kembangkan apabila mereka mau, namun mengapa sampai saat ini bangsa kita menjadi bangsa yang mengikuti ,bukan menjadi bangsa yang diikuti oleh bangsa-bangsa besar lainnya. Jika ini semua ini terus berlanjut ,bangsa kita akan sulit ,sulit untuk berbicara lebih banyak, sulit untuk berbicara lebih jauh dikancah internasional.


TIDAK MAU MENGEMBANGKAN  IDE-IDE YANG ADA PADA BENAK KITA! ,mungkin itu menjadi dalang dari semua persoalan kita ini.Malas untuk mengembangkan kemampuan yang ada pada diri kita, Malu untuk mengeluarkan ide-ide kita, karena mungkin takut idenya ini tidak dihargai oleh orang lain, Berpikir spekulatif, yaitu berpikiran bahwa masih ada banyak anak bangsa lainnya yang lebih hebat dari diri kita dalam menciptakan sesuatu sehingga kita Malu dan Malas untuk mengeluarkan apa yang kita miliki. Buat apa malu, buat apa ragu untuk mengeluarkan dan mengembangkan apa yang kita miliki dan apa yang kita pikirkan karena sebuah karya yang besar itu pasti bermula dari sebuah karya yang kecil ,yang dikembangkan secara terus menerus sehingga menjadi sebuah karya yang besar, dan menjadi sebuah karya anak bangsa untuk menuju kemandirian nasional.



Namun ,apresiasi yang besar perlu kita curahkan kepada anak-anak bangsa yang telah mau mengembangkan ide-idenya, dan kemampuannya sehingga mereka bisa berinovasi yang pada akhirnya bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak, dan tentu bermanfaat bagi bangsanya. Sebenarnya ada anak-anak bangsa yang telah berinovasi dan menghasilkan sebuah karya khususnya dalam bidang teknologi ,yaitu berupa sistem operasi yang berbasis open souce, antivirus,game-game online,game-game edukatif,animasi-animasi flash yang tentu sudah pasti bermanfaat bagi orang banyak. Seperti kisah anak bangsa yang satu ini, padahal ia masih kelas 2 SMP ,namun ia tidak ragu dalam mengembangkan potensi yang ia miliki. Berawal dari iseng-iseng, yang hanya sekedar hobby dan ingin membantu temannya yang komputernya terserang virus, ia berinovasi membuat sebuah antivirus kecil-kecilan, yang kemudian ia sebakan antivirus itu di forum-forum online.Sejak itu ia mulai mendapat respon dari teman-temanya di forum online untuk mengembangkan karyanya itu menjadi sebuah karya yang bisa lebih bermanfaat ,lalu ia meminta bantuan kakaknya untuk membuat design softwarenya. Setelah dikembangka secara terus menerus yang kurang lebih memakan waktu 1 tahun, antivius itu menjadi antivirus terbaik ketiga se-Indonesia yang mampu mengenali lebih dari 10.000 varian virus.

          Nah sekarang kita pikirkan, seorang anak bangsa yang tidak ragu dan malu untuk mengeluarkan apa yang ia miliki dan ia tidak malas untuk mengembangkan kemampuannya itu, berawal dari sesuatu yang kecil ia tidak malas ,ragu, dan lelah untuk mengembangkan apa yang sudah ada didepan mata manjadi sebuah karya yang besar. Masih banyak kisah anal bangsa yang lainnya yang juga berinovasi dan mau mengembangkan potensinya, seperti banyak anak Indonesia yang menjuarai kompetisi robotic antar negara ,itu berarti mereka berinovasi menciptakan sebuah karya yaitu sebuah robot yang unggul dibanding inovasi dari anak bangsa lain.

         Kita mampu jika kita menginginkanya ,sebuah karya yang besar itu dimulai dari sebuah karya yang kecil,dan karya yang kecil itu akan menjadi besar jika kita mau mengembangkannya dengan penuh rasa optimis dan keyakinan bahwa karya kita akan menjadi karya yang unggul.Kita harus bangkit ,mandiri dan lepas dari ketergantungan terhadap negara lain ,dan kita harus menjadi anak bangsa yang berinovasi untuk kemajuan bangsa. Di Indonesia harus dibangun sebuah atmosfer atau sebuah suasana untuk bersaing secara kompetitif seperti Compfest2011 yang diadakan setiap tahunnya ,ini bagus dan baik karena bersifat membangun suatu suasana ,yaitu sebuah suasana untuk berlomba-lomba dalam berinovasi menghasilkan sebuah karya yang inovatif yang diharapkan bisa mendekatkan Indonesia  dalam kemandirian nasional.

         Compfest 2011 adalah sebuah ajang yang kompetitif, yang secara gamblang bertujuan untuk mengumpulkan anak-anak bangsa dalam sebuah arena kompetisi guna untuk mengasah jiwa inovatif anak-anak bangsa ini.Compfestui2011 yang didalamnya terdapat banyak ajang bisa diikuti anak-anak bangsa yang mau berjuang untuk bangsanya dalam menciptakan sebuah inovasi demi kemandirian nasional.Blogging Competition, Game Design Competition, Robotic Competition, Programming Competition ,semua ini adalah ajang yang bisa menumbuhkan suasana berinovasi di Indonesia ,yang diharapkan setelah kompetisi ini usai ,akan lahir bibit-bibit baru yang unggul ,bibit-bibit yang mau berinovasi.

Blogging Competition

Sebuah ajang yang bertujuan untuk mengajak para pesertanya berinovasi membuat sebuah artikel yang bertemakan “Inovasi Karya Anak Bangsa Menuju Kemandirian Nasional” ,yang pada akhirnya akan lahir pemenang-pemenang yang unggul dari yang lainnya dalam berinovasi.

Game Design Competition

Sebuah ajang yang bertujuan untuk mencari anak-anak bangsa yang mau berinovasi untuk menciptakan sebuah game yang berbasis android.

Robotic Competition

Sebuah ajang yang bertujuan untuk mencari anak-anak bangsa yang mampu berinovasi menciptakan sebuah robot yang unggul dari robot lainnya.

Programming Competition

Sebuah  ajang yang bertujuan untuk mengasah jiwa inovatif anak-anak bangsa dalam menyelasaikan soal-soal pemrograman, karena bagaimanapun ini membutuhkan inovasi untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah dalam kompetisi itu sendiri.

            Kita adalah manusia pilihan tuhan yang terlahir dimuka bumi ini dengan sejuta kemampuan yang telah tuhan berikan kepada kita. Kita semua itu sama ,tidak ada yang lebih unggul diantara kita ,yang membedakan kita semua adalah semangat yang kita miliki. Seberapa besar semangat yang kita miliki, itulah yang membedakan kita dengan individu yang lainnya. Semangat dalam berkreasi, berprestasi,dan berinovasi untuk menghasilkan karya untuk menuju kemandirian nasional. Semangata inilah yang akan menentukan bangsa kita dan semangat inilah yang akan membedakan bangsa kita dengan bangsa yang lainnya, apakah bangsa kita mempunyai semangat yang redup ataukah sebuah semangat yang mengebu-gebu.


Semangat Kita Adalah Semangat Bangsa Kita !
Semangat Berinovasi Untuk Menuju Kemandirian Nasional !
















0 komentar:

Poskan Komentar